LPPM IAI AL-HIKMAH TUBAN BEKALI MAHASISWA UNTUK PELAKSANAAN KEGIATAN KKN PAR 2022

Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan kegiatan KKN PAR tahun 2022, LPPM IAI Al-Hikmah Tuban membekali mahasiswa semester 6 yang menjadi peserta KKN 2022 dengan materi PAR dan Branding kampus. Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di Aula Kampus A IAI Al-Hikmah Tuban ini, difokuskan pada materi-materi Teknik PAR dan penguatan branding kampus kepada masyarakat lokasi KKN. Dengan materi tersebut diharapkan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN dapat mengimplementasikan materi PAR secara baik dan dapat malakukan kerja-kerja pemberdayaan kepada masyarakat Desa, demikian di sampaikan Ketua LPPM IAI Al-Hikmah Tuban. Pembekalan KKN PAR yang dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022 ini berlangsung sangat gayeng dan akrab, hal tersebut dilakukan untuk mengajari mahasiswa ketika di lokasi KKN dapat membaur secara natural bersama dengan masyarakat, agar dapat belajar, riset dan pemberdayaannya diterima secara terbuka oleh masyarakat.

Sementara itu, materi teknik-teknik PAR yang disampaikan pada pembekalan kali ini antara lain; Thematic Mapping, Thematic transect, Thematic Historical Analisys and Time Line yang di sampaikan ibu Fahonah Lc., M.Phil; materi kalender musim, kalender harian dan diagram venn disampaikan oleh ibu Nurul Novitasari, M.Pd.I; materi Diagram Alur (relasi ekonomi, keagamaan, sosial), Analisis pohon masalah dan pohon harapan  (trees problems and hops) disampaikan oleh Bapak Dainuri, M.Pd.I; serta materi penulisan laporan akhir KKN yang berrupa laporan akademik, laporan artikel jurnal dan berita di media online disampaikan ketua LPPM IAI Al-Hikmah Tuban, Dr. Muhammad Aziz, S.Th.I., M.H.I.

KKN PAR tahun 2022 ini cukup istimewa, karena selain harus menggunakan Teknik PAR ketika KKN, para peserta KKN juga diwajibkan melaksakan kegiatan-kegiatan yang yang bermuara pada branding dan citra positif kampus IAI Al-Hikmah Tuban, untuk materi khusus ini disampaikan oleh Bapak Syamsul Arifin, S.H.I., M.H. selaku ketua unit Penerimaan Mahasiswa Baru di IAI Al-Hikmah Tuban. Dengan materi ini, supaya nanti kegiatan-kegiatan mahasiswa peserta KKN PAR semakin variatif dan dapat menarik simpati dan minat masyarakat untuk mendaftarkan anak dan keluarganya di kampus IAI Al-Hikmah Tuban. 

Kegiatan yang berlangsung selama sehari penuh ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama IAI Al-Hikmah Tuban, Laily Hidayati, M.Psi, yang mewakili Rektor. Pada sambutan pembukaannya ia berpesan kepada mahasiswa peserta KKN, selama di desa bersama dengan masyarakat, mahasiswa harus senantiasa menjaga marwah lembaga kampus IAI Al-Hikmah Tuban, yang nota benenya sebagai kampus pesantren, paling tidak selalu berusaha bersikap sopan, bertegur sapa dengan siapapun di masyarakat ketika bertemu dengan orang lain. Lebih lanjut, mantan Kaprodi PIAUD IAI Al-Hikmah Tuban ini menegaskan bahwa dengan tema KKN PAR tahun 2022 “mahasiswa belajar bersama masyarakat: recover tegother, recover stronger” ini, mahasiswa selama KKN berlangsung adalah dalam rangka belajar bersama dengan masyarakat, serta dalam rangka untuk pulih bersama (masyarakat), dan pulih (untuk menjadi masyarakat) yang lebih kuat.

Sengaja tema KKN PAR 2022 ini dipilih karena hampir selama 2 tahun masyarakat Indonesia (bahkan dunia) sudah terkena dampak covid-19, sehingga menyebabkan masyarakat di desa juga terkena dampak wabah ini. Setelah wabah selesai, masyarakat dunia, termasuk yang di desa harus bangkit dan pulih kembali bersama-sama untuk menjadi masyarakat yang kuat dan lebih tangguh lagi. Pemilihan tema ini, juga dalam rangka karena Presidensi 20 yang dilaksanakan di Bali, Indonesia menggunakan narasi “recover tegother, recover stronger”, dan Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo terpilih sebagai sebagai Presidensi 20 selama tahun 2022.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.