PEMBUKAAN KKN IAI AL-HIKMAH TUBAN DI DESA SIDODADI KECAMATAN BANGILAN

KKN Desa Sidodadi Bangilan Tuban, Belasan mahasiswa IAI Al- Hikmah Tuban diserahkan pihak kampus kepada Kepala Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan secara simbolis pembukaan Kuliah Kerja Nyata Participatory Action Research (KKN-PAR) , Rabu (10/8/2022).

Kegiatan ceremonial dalam pembukaan KKN PAR dilaksanakan di Balai Desa Sidodadi Bangilan Tuban pada 10 Agustus 2022. Belasan Mahasiswi diserahkan di Desa Sidodadi Kecamatan Bangilan Oleh DPL (dosen Pembimbing Lapangan ) Bapak Dr. M. Yusuf Aminuddin, S.Pd.I, M.Pd. Acara Pembukaan KKN ini, dilaksanakan dimulai pada pukul 13.00 sampai 15.00 WIB. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Sekrestaris Desa, dan Perangkat Desa lainnya serta Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Dr. M. Yusuf Aminuddin, S.Pd.I, M.Pd

Dalam momen ceremonial itu Mas Doktor Yusuf (sapaan akrabnya) menyampaikan bahwasanya KKN merupakan bentuk implementasi dari salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pada poin Pengabdian kepada Masyarakat. Lebih lanjut disampaikan beberapa poin penting dalam kegiatan KKN-PAR ini: pertama, KKN merupakan gerbang awal mahasiswa untuk berbaur dan bergerak bersama masyarakat; kedua, Melalui Program KKN-PAR ini diharapkan Mahasiswa dapat menjadi Pemuda Pelopor Desa yang inovatif baik dalam bidang Pendidikan, ekonomi, pertanian, teknologi dan pemerintahan; ketiga, KKN ini merupakan KKN-Plus karena di samping mahasiswa mengimplementasikan ilmunya yang di dapatkan di Kampus juga dapat “ngangsu kaweruh” pada masyarakat desa agar dapat menjadi best practice atau pengalaman hidup.   Dan terakhir Harapan dari Mas Doktor Yusuf selaku DPL KKN-PAR semoga Kegiatan KKN ini bisa berjalan dengan lancar, membawa manfaat dan maslahah bagi ummat masyarakat.

Dengan adanya kedatangan Mahasiswi KKN dari Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban, Kepala Desa Sidodadi Ibu Dwi Windarti, S.Pd.I menyambut baik atas kedatangan Mahasiswi KKN. Harapan kepala Desa dengan adanya Mahasiswi KKN dapat membantu masyarakat Desa Sidodadi dalam Kegiatan Desa, baik dari segi pendidikan maupun kegiatan masyarakat lainya. sehingga Mahasiswi dapat ikut serta dalam membantu meningkatkan potensi yang ada di Desa Sidodadi.

Dalam Kegiatan KKN PAR yang ke X Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban mengusung Tema “ Mahasiswa Bersama Masyarakat Desa: Recover Together, Recover Stronger”. Melalui aksi nyata gotong royong dan semangat optimise mahasiswi akan mampu menjadi agen perubahan Masyarakat desa sidodadi agar dapat merasakan kehidupan yang lebih sejahtera. Dengan adanya kegiatan KKN ini, diharapkan Mahasiswi dapat lebih aktif dan dapat membantu meningkatkan sumberdaya Manusia.

Kegian Pembukaan KKN di Desa Sidodadi ini, di tutup dengan Do’a yang di pimpin oleh K.H M. Muhtadin selaku Mudin Desa Sidodadi. Sebelum do’a terdapat pemberian Cinderamata oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Dr. M. Yusuf Aminuddin, S.Pd.I.,M.Pd kepada Kepala Desa Sidodadi Ibu Dwi Windarti, S.Pd.I dan pemotongan Tumpeng sebagai Simbiolis Opening ceremony Pembukaan KKN desa Sidodadi. Setelah do’a kegiatan Pembukaan di akhiri dengan Foto bersama yang di ikuti oleh perangkat Desa, DPL dan peserta KKN PAR IAI Al Hikmah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.