Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah IAI Al Hikmah Tuban mempunyai beberapa program unggulan tahunan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswanya. Antaranya mengadakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), atau dalam istilah yang lain disebut magang. PKL tahun ini diikuti 20 Mahasiswa semester VII Prodi HKI dan diselenggarakan selama 2 Minggu, dari tanggal 18 sampai 29 Januari 2021.

Tahun ini karena musim Pandemi Covid, maka penyelenggaraan PKL mahasiswa Prodi HKI disebar di enam Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kabupaten Tuban, yaitu KUA Singgahan, KUA Senori, KUA Bangilan, KUA Merakurak, KUA Jatirogo dan KUA Parengan.

Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah agar mahasiswa tidak hanya mendapatkan wawasan berupa teori-teori saja di kelas, tetapi juga mendapatkan wawasan langsung dan pengalaman dari KUA, sehingga mereka belajar menerapkan ilmunya di lapangan sebelum mereka terjun menjadi praktisi urusan agama. Kegiatan ini juga dapat menjadi motivasi mereka untuk meneliti persoalan-persoalan urusan agama di masyarakat untuk menjadi bahan penelitian di skripsi nanti. Ini juga menjadi stimulus bagi mereka agar menambah semangat untuk meraih pengetahuan dan ketrampilan dari luar kampus sebanyak-banyaknya.

Secara teoritis, tentu ada saja sedikit perbedaan dan penambahan pengetahuan antara materi kuliah bersama dosen dengan terjun langsung di KUA. Di KUA mereka dapat langsung melihat, merasakan dan belajar memahami proses dan pelaksanaan urusan setiap waktu yang dinamis di KUA. Antaranya selama PKL ini, ada beberapa materi penting yang telah mahasiswa dapatkan, seperti: (1) Pendataan SIMKAH nikah untuk beberapa tahun yang belum terdata, (2) Pembelajaran Pendaftaran nikah via Online, (3) Legalisir luar daerah beda kabupaten, (4) prosedur pendaftaran tanah wakaf, (5) prosedur pembuatan duplikat surat nikah, (6)petunjuk dan tatacara bagi calon mempelai yang akan menikah, dll. Kegiatan dan wawasan ini sungguh bermanfaat bagi mahasiswa sebagai bekal nanti ketika mereka lulus.

Atas nama Kaprodi HKI (Ibu Hj. Fathonah, Lc., M.Phil) dan Dekan Fak. Syariah (bapak H. Herfin Fahri, Lc., M.H.I) IAI Al Hikmah Tuban mengucapkan jazakumullah khairal jaza’ kepada seluruh kepala KUA tersebut, yang telah memberi izin dan memfasilitasi dengan baik anak didik kami selama PKL di 6 KUA tersebut. Semoga Allah meridlai, barakah dan mencatatnya sebagai amal yang baik. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *