Dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal ilmiah berkala yang terdapat di Institut Agama Islam Al-Hikmah Tuban, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Al-Hikmah Tuban melakukan koordinasi dengan para pengelola dan redaktur jurnal ilmiah yang terdapat di IAI Al-Hikmah Tuban. Kegiatan koordinasi ini sebagai tindak lanjut dari diterbitkannya Surat Keputusan Rektor IAI Al Hikmah Tuban Nomor: A.063/SK/01/IAIAHT/III/2021, kepada Kepala LPPM IAI Al-Hikmah Tuban, perihal; Pengelolaa Jurnal-Jurnal di Lingkungan Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban.

Pada rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Pimpinan IAI Al-Hikmah Tuban tersebut, dihadiri oleh beberapa pengurus LPPM IAI Al-Hikmah Tuban, para Ketua Program Studi, dan penyunting Jurnal Ilmiah yang sudah ada di lingkungan IAI Al-Hikmah Tuban, diantara Hj. Fathonah sebagai Ketua Penyunting Al-Hakam: The Indonesian Journal of Islamic Family Law and Gender Issues; Agus Wahyu Irawan sebagai Ketua Penyunting JIEE: Journal of Islamic Elementary Education; Adiesta Kurnia Fikri R sebagai Ketua Penyunting Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education; Niswatin Nurul Hidayati sebagai Ketua Penyunting Journal of Sharia Economics; Moch. Agus Sifa sebagai Ketua Penyunting Journal of Islamic Banking dan Muhammad Aziz sebagai Ketua Penyunting Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman.

Walaupun pelaksanaan kegiatan tersebut pada hari Ahad, 21 Maret 2021, rapat berlangsung sangat gayeng dan ceria. Sehingga menghasilkan rumusan-rumusan dan agenda prioritas yang akan dilaksanakan oleh LPPM dengan seluruh Ketua Penyunting Jurnal Ilmiah secara bersama-sama dan rutin tiap bulan sekali, yaitu kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) yang akan mengupas seputar pengelolaan jurnal ilmiah berkala, agar terwujudnya tata kelola jurnal yang berkualitas. Dalam mengawali rapat ini, Kepala LPPM IAI Al-Hikmah Tuban sebagai tuan rumah dan pihak yang memfasilitasi kegiatan ini, dalam paparannya mengatakan: “bahwa tugas LPPM bukan akan mengelola semua jurnal ilmiah berkala yang sudah ada di masing prodi, akan tetapi akan memfasilitasi dan mendampingi terkait hal-hal yang dibutuhkan oleh masing-masing jurnal, sehingga tata kelola jurnal semakin baik dan berkualitas, karena jurnal ilmiah berkala yang ada di IAI Al-Hikmah Tuban merupakan media untuk mempublikasikan riset dan penelitian dosen internal maupun dosen dari luar IAI Al-Hikmah, dengan teta kelola jurnal yang semakin baik, tentunya akan mempengaruhi akreditasi kampus” demikian menurutnya. Sementara itu menurut Sekretaris LPPM IAI Al-Hikmah Tuban, pada kegiatan FGD bulanan ke depan, beberapa materi yang akan dikupas antara lain: (1). Mengenal Open Journal System (OJS); (2). Proses Pendaftaran ISSN online dan ISSN Cetak; (3). Pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan OJS; (4). Mengenal Setting OJS 3; (5). Praktik Setting OJS 3; (6). Mengenal Jenis jenis indeksasi; (7). Pendampingan Pendaftaran Indeksasi, dengan menguasai semua materi tersebut, ke depan pengelola jurnal akan mudah dalam mensetting jurnal yang menjadi tanggungjawabnya” ujar Dosen yang juga menjabat sebagai Dekan FEBI IAI Al-Hikmah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *