Hari ini, Senin, 12 April 2021 yang bertepatan dengan 29 Sya’ban 1442 H atau menjelang awal Ramadlan Kementerian Agama menggelar pemamtauan hilal (ru’yah hilal) untuk penetapan awal Ramadlan tahun ini di beberapa wilayah Indonesia. Badan Hisab dan Ru’yah (BHR) Tuban juga merupakan salah satu dr 32 titik di seluruh wilayah Indonesia yang mengadakan kegiatan ru’yah hilal ini. Kegiatan BHR Tuban ini diselenggarakan di Menara Rukyatul Hilal Banyuurip Senori Tuban. Kegiatan ini dimulai jam 16.00 sore tadi.

Setiap kegiatan ru’yah hilal ini digelar, mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) IAI Al Hikmah Tuban semester VI selalu turut bersama dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan ke lima kalinya mahasiswa khusus semester VI Prodi HKI ikut terlibat langsung dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh BHR Tuban ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tuban, alim ulama sekitar dan BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika) Pusat.

Menurut H. Nur Puat, S. Ag, M.M, selaku Tim BHR Tuban dan dosen di IAI Al Hikmah Tuban, bahwa menurut hisab, data rukyatul hilal di bukit Banyuurip Senori Tuban pada Senin 29 Sya’ban 1442 H/ 12 April 2021 M, tinggi hilal pada saat matahari terbenam 12 April 2021 pukul 17:32 WIB adalah 4 derajat 10 menit 32,27 detik.
Hilal berhasil dilihat pada pukul 17:45 setelah turun hujan pada ketinggian 1 derajat. Hilal teramati selama 30 detik.

Bersama kegiatan ini mahasiswa Prodi HKI didampingi oleh H. Herfin Fahri, Lc., MHI, Dekan Syariah IAI Al Hikmah Tuban. Menurut beliau, kegiatan ini adalah sudah menjadi rutinitas setiap tahun bagi mahasiswa kami. Tujuannya, selain mahasiswa agar mendapat pengalaman langsung dari lapangan, dengan memantau langsung dan ikut menyaksikan sendiri. Dimana selama ini mereka hanya mendapat ilmu falak secara teoritis dari kampus, sehingga saat inilah mereka bisa praktek langsung. Tentunya ini pengalaman berharga bagi mahasiswa HKI.

Semoga kegiatan seperti ini terus berkesinambungan dapat diikuti mahasiswa khususnya Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) IAI Al Hikmah Tuban. Dengan demikian, diharapkan outputnya mahasiswa ketika lulus nantinya ada yang bisa terjun di bidang ini. Amin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *