Seiring dengan perkembangan tekonologi dan berjalannya waktu, tuntutan di dunia kerja semakin ketat, sehingga dibutuhkan SDM yang unggul untuk mempun bersaing di dalamnya. Mahasiswa tidak hanya berbekal teori untuk dapat masuk ke ranah dunia kerja namun juga membutuhkan skill yang mumpuni untuk dapat bersaing di persaingan global saat ini.

Kurikulum yang digunakan di perguruan tinggi, khususnya di Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban adalah Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dimana kurikulum ini berkeinginan untuk mewujudkan atau menghasilkan mahasiswa yang unggul, tidak ada teori namun juga dalam skill serta attitude yang baik nantinya di dunia kerja. Oleh karena itu, kurikulum ini menuntut agar pengajaran dan praktik nyata terus dikuatkan bagi mahasiswa untuk bekal nantinya di dunia kerja. Maka dari itu, Program Studi Ekonomi Syariah melaksanakan proses pembelajaran sekaligus praktik melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di berbagai Lembaga keuangan syariah di wilayah Tuban dan Bojonegoro.  

Dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 05 Januari – 05 Februari 2021, terdapat 3 aspek yang menjadi penilaian atau tujuan dalam pelaksanaan PPL ini bagi mahasiswa, yaitu terkait pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), serta sikap kerja (attitude). Tiga poin penting ini menjadi penting mengingat hal tersebut merupakan aspek yang perlu untuk dilatih dan dikembangkan untuk bekal mahasiswa ketika nantinya terjun ke dunia kerja. Dalam proses nya, mahasiswa dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta Dosen Pamong di lembaga keuangan syariah

Berbeda dari tahun-tahun, sebelumnya, tahun ini mahasiswa melaksanakan praktik di tengan Pandemi Covid-19. Namun, hal tersebut tidak menghalangi para mahasiwa untuk terus aktif dengan tetap menerapkan protocol Kesehatan selama belajar di berbagai Lembaga Keuangan Syariah. Sambutan hangat pun disampaikan oleh para pengelola Lembaga keuangan syariah yang menjadi lokasi PPL, dengan antusiasme yang mereka tunjukkan dalam membimbing mahasiswa selama di lokasi praktik serta menerjunkan mahasiswa untuk langsung berinteraksi dengan para nasabah. Sehingga, mahasiswa memiliki gambaran real ketika nantinya mereka terjun ke dunia kerja.  Pada tahun ini, terdapat 7 lembaga keuangan syariah di Tuban dan Bojonegoro yang menjadi lokasi PPL, yaitu BRI Syariah KCP Bojonegoro, Bank Mitra Syariah, BMT NU Ngasem, BMT Mandiri Artha Sejahtera, Pegadaian Syariah Tuban, KSPPS BMT Surya Raharja Jawa Timur, dan BMT Ash-Shofa Sejahtera Abadi Tuban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *