Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan dibidang kepramukaan dan kepemimpinan, pada Rabu, 30 Desember 2020 mahasiswa Program Studi Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Hikmah Tuban melakukan kegiatan kepramukaan di Desa Prataan, Parengan, Tuban. Selain tujuan tersebut, kegiatan ini juga untuk menanamkan sifat dasar kepemimpinan juga kedisiplinan kepada mahasiswa untuk bekal ketika terjun di masyarakat kelak. Adapun tempat yang dipilih untuk kegiatan ini adalah di Prataan Parengan Tuban, karena lokasi ini juga merupakan area yang sering digunakan untuk kegiatan kepramukaan karena dilengkapi fasilitas outbound dan juga lapangan yang luas, demikian menurut Jupriyanto selaku pendamping mahasiswa dan Dosen Fakultas Tarbiyah IAI Al-Hikmah Tuban.

Dengan didampingi oleh Bapak Jupriyanto,S.Pd.M.Pd, mahasiswa melakukan pendalaman wawasan mengenai karakter kedisiplinan serta dasar kepemimpinan yang ada di dalam kegiatan pramuka. Dalam kesempatan itu diadakan pula kegiatan game berkelompok yang didampingi oleh moch. Muttaqin selaku panitia yang ditunjuk oleh pak Jupriyanto.

Menurut Moch. Muttaqin, kegiatan kepramukaan itu sangat penting karena melatih kepemimpinan kita yang kelak akan kita perlukan ketika sudah terjun di sebuah Lembaga Pendidikan. Minimnya kesadaran kaum milenial saat ini tentang kedisiplinan serta kepemimpinan, membuat kesadaran kita sebagai mahasiswa sangat perlu ditumbuhkan agar kelak kita bisa menjadi seorang pemimpin yang baik meskipun hanya sekedar sebagai pembina pramuka di sebuah Lembaga sekolah. Selain itu, kepramukaan juga mengajarkan kita arti sosialisasi dan juga kerja sama dalam sebuah kelompok tanpa terkecuali. Dan komunikasi yang baik antara anggota kelompok menjadi kunci utama keberhasilan kelompok tersebut.

Untuk memulai kegiatan kepramukaan, Pak Jupriyanto selaku pembina pramuka membuka kegiatan kepramukaan dengan upacara pembukaan yang diikuti semua mahasiswa Prodi PGMI. Setelah upacara pembukaan selesai, kegiatan dilanjut dengan membuat regu pramuka yang dipimpin oleh Moch. Muttaqin yang membagi kita menjadi 4 regu.

Regu pertama yang beranggotakan 10 mahasiswa di ketuai oleh M. Khosyik Rokhim diberi nama regu Bougenvil. Regu kedua diketuai oleh M. Muhaimin dan diberi nama regu Nusa Indah. Regu yang ketiga diketuai oleh Andi Pratama diberi nama regu Rajawali, dan regu yang terakhir diketuai oleh Nurul Alfiyah diberi nama regu Mawar.

Adapun kegiatan-kegiatan yang kami ikuti selama di Prataan adalah sebagai berikut :

Pertama, setelah regu selesai dibentuk, panitia memberikan instruksi untuk menyusun sebuah kertas berupa susunan anggota kepramukaan dari tingkatan yang paling atas sampai tingkatan paling bawah yang telah dipotong-potong dan diacak. Kemudian 4 regu yang sudah dibentuk berlomba untuk menyelesaikannya terlebih dahulu supaya mendapatkan nilai tertinggi. Regu yang dianggap tercepat dan mempunyai hasil yang rapi mendapatkan nilai 100.

Kedua, kegiatan dilanjutkan dengan menghafalkan Dasa Dharma Pramuka dan juga Tri Satya. Setiap regu diwajibkan untuk menghafalkan dan maju ke depan per-regu. Setelah menghafalkan ke depan panitia memberikan tulisan Dasa Dharma secara acak ke setiap regu, dan tugas dari regu tersebut adalah mencari urutan Dasa Dharma yang telah diberikan oleh panitia. Kegiatan ini berlangsung sampai jam 12.00 WIB.

Ketiga, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan (ishoma). Disini kami merasakan betapa indahnya kehangatan dan kekeluargaan yang terjalin antara mahasiswa Prodi PGMI dengan Pak Jupriyanto. Di alam yang terbuka, kami menikmati indahnya alam dengan makan bersama yang kemudian dilanjutkan dengan sholat berjamaah.

Keempat, setelah kegiatan ishoma selesai, kami melanjutkan kegiatan pramuka dengan safari village yang dipimpin oleh Pak Jupriyanto dan Moch. Muttaqin selaku panitia Pramuka. Dalam kegiatan safari village ini, Pak Jupriyanto mengajak kami untuk mengadakan acara BANSOS ( bantuan sosial ) yang akan diberikan kepada warga sekitar Desa Prataan yang membutuhkan. Kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi kami mahasiswa Prodi PGMI agar mudah bersosialisasi dan berbaur dengan masyarakat sekitar dan membantu warga yang kurang mampu. Kegiatan ini berjalan kurang lebih 1,5 jam.

Kelima, setelah kegiatan safari village selesai, kami kembali ke lapangan untuk kegiatan upacara  penutupan. Tetapi, sebelum kegiatan upacara penutupan dimulai, Moch. Muttaqin memberikan beberapa pesan kepada kami rekan-rekannya agar terus menanamkan sifat kedisiplinan, bekerja sama dalam kelompok, serta selalu menolong sesama yang membutuhkan. Dan kegiatan terakhir upacara penutupan dipimpin oleh Pak Jupriyanto selaku Pembina Pramuka. Pak Jupriyanto berpesan agar kami mahasiswa Prodi PGMI selalu semangat dan disiplin dalam kegiatan apapun dan semoga nanti bisa melaksanakan kegiatan Pramuka yang jauh lebih baik lagi ke depannya. Demikian kira-kira rangkaian kegiatan Pramuka yang dilakukan mahasiswa Fakultas Tarbiyah  Prodi PGMI IAI Al-Hikmah Tuban di desa Prataan Parengan Tuban.

2 thoughts on “OUTBOUND PRAMUKA MAHASISWA PGMI DI ALAM TERBUKA PRATAAN PARENGAN TUBAN (Fakultas Tarbiyah IAI Al Hikmah Tuban)

  1. Mantaaappp …. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°
    Jayalah Pramuka ku…..
    Jayalah IAI AL HIKMAH ku….
    πŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™πŸ˜πŸ˜πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *