Himpunan mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAI Al Hikmah Tuban menggelar lomba Alat Permainan Edukatif (APE) tingkat mahasiswa PIAUD IAI Al Hikmah Tuban tahun 2021 yang bertempat di aula kampus IAI Al Hikmah Tuban pada minggu tanggal 28 Maret 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PIAUD IAI Al Hikmah Tuban, terdapat 9 kelompok lomba.

Mengangkat tema “Ciptakan APE PAUD yang Aman & Kreatif” dengan harapan mahasiswa PIAUD dapat membuat APE yang memenuhi persyaratan untuk anak usia dini, selain itu untuk menambah kreativitas mahasiswa PIAUD. peseta telah diberikan juknis perlombaan di antaranya: hasil karya APE dibuat di luar kampus, menggunakan bahan yang aman untuk anak usia dini, peserta mempresentasikan hasil karya pada hari yang diselenggarakan meliputi nama APE, manfaat APE, peruntukkan usianya, spesifikasi alat permainan, cara memainkan APE, bahan yang digunakan APE dan informasi singkat standar keamaan. 

Persyaratan keamanan bahan sangat penting diperhatikan, seperti tidak mengandung logam berat, tidak berkarat, tidak berjamur, tidak berbau dan tidak mengandung toxin (racun). proses lomba dijalankan dengan masing-masing peserta mempresentasikan selama 10 menit di depan dewan juri. Instrument penilaiannya meliputi: manfaat APE, keamanan, estetika, kreativitas, mudah dibuat, dan presentasi. dewan juri berasal dari dosen tetap PIAUD, yaitu: Ibu Laily Hidayati, M.Psi, Psikolog, Ibu Nurul Novitasari, M.Pd.I, Nur Lailatul Fitri, M.Pd.I. Juara-juara dari lomba APE terdiri dari juara 1 sampai 3, lengkapnya sebagai berikut:

  1. Juara 1: Nama APE “Smart Basket Ball” atas nama: 1) Mu’aliyun, 2) Siti Nor Khanifah, 3) Isnia Safitri
  2. Juara 2: Nama APE “Rumah Pintar” atas nama: 1) Fichriyatun Fatonah, 2) Tarkusmiyah dkk.
  3. Juara 3 : Nama APE “Green bolo-bolo” atas nama: 1) Jawati, 2) Hartik, 3) Ana Aulia, 4) Siti Alfiyah

Semoga alat permainan edukatif (APE) yang dihasilkan oleh mahasiswa PIAUD IAI Al Hikmah Tuban pada acara lomba ini bisa menambah jenis dan kualitas alat permainan yang dimiliki oleh Lembaga PAUD di sekitar kota Tuban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *