Permainan sebagai suatu media yang meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak. Permainan memungkinkan anak mempraktikan kompetensi-kompetensi dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan dengan cara yang santai dan menyenangkan. Keluarga besar PC. IGRA JAGOAN (Jatirogo & Kenduruan) Tuban mengadakan outbound kids yang di isi oleh Tim Srikandi Outbound Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah IAI Al-Hikmah Tuban. Kegiatan tersebut digelar di tempat wisata pantai semilir Tuban Jawa Timur (27/10)

Acara tersebut diikuti seluruh siswa RA se kecamatan Jatirogo dan Kenduruan sebanyak 400 siswa dan seluruh orang tua siswa dan juga seluruh guru RA. “Adapun tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk menjalin hubungan silaturrahmi yang lebi erat lagi sekaligus melatih keberanian, kemandirian, Kerjasama, dan melatih sikap percaya diri,” ujar Ibu zullaekah ketua Cabang IGRA JAGOAN (Jatirogo & Kenduruan)

Rangkaian acara outbound dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 yang telah di isi oleh kakak fasilitator dari srikandi outbound dengan susunan acara, yaitu: 1) Pembukaan oleh Tim Srikandi Outbound dan dari ketua Cabang IGRA JAGOAN (Jatirogo & Kenduruan) kemudian dilanjutkan membaca Do’a Pagi bersama anak-anak di area pantai, 2) Ice Breaking dan senam untuk peregangan otot sebagai persiapan sebelum melakukan kegiatan permainan outbound, 3) Kegiatan Outbound yang berisi berbagai macam permainan menggunakan alat yang dapat melatih seluruh aspek perkembangan anak seperti; bermain alat music kentongan, pukul air, estafet bola, tapak kaki, estafel air, dan lain sebagainya, selain itu Tim Srikandi Outbound mengisi parenting class untuk orang tua siswa dengan tema: makanan sehat dan bergizi untuk anak, 4) Istirahat untuk makan bersama, dan 5) Penutup sebagai akhir dari kegiatan Outbound pada hari tersebut.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan agar siswa selalu bersemangat dalam belajar dan bereksplorasi sesuai tahap perkembangannya, serta dapat memberikan pelajaran bagaimana memahami pendapat dan perbedaan dari orang lain dan dalam memecahkan masalah secara kelompok. Menumbuhkan kemampuan komunikasi yang baik dengan oranglain. Melatih kemandirian dan kepemimpinan atau leadership dalam suatu kelompok. Selain itu, diharapkan pula untuk tim Srikandi Outbound Prodi PIAUD FT IAI Al Hikmah Tuban untuk selalu meningkatkan kualitas personil di dalamnya agar terus berkembang di seluruh kalangan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *