Tuban – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah Binangun, Singgahan, Tuban menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Santri Nasional 2021, Jum’at (22/10). Dengan mengikuti tema “Santri Sehat Jiwa Raga” yang sudah diusung oleh kementerian agama (Kemenag).

Upacara yang dihadiri oleh pengurus yayasan Al Hikmah Tuban, Dosen IAI Al Hikmah, Guru MI, MTs dan MA Bahrul Ulum serta Santri dan Mahasiswa IAI Al-Hikmah Tuban.

Pembina upacara Arif Samsurijal, S.Ag, MA yang juga sebagai Wakil Rektor (Warek) III Bagian Kemahasiswaan dan Alumni. mengingatkan kepada semua peserta upacara untuk bisa mengambil makna dari peringatan Hari Santri Nasional. “Jangan memperingati hari santri karena wahnya upacara, akan tetapi kita harus mampu mengambil makna apa sih santri itu.?”.

Selain itu pembina upacara juga mengajak para santri untuk merefleksikan perjuangan Sunan Kalijaga yang di uji kesabaran dan ke taatannya oleh Sunan Bonang. Dalam kisah tersebut Sunan Kalijaga rela bertapa di depan tingkat Sunan Bonang yang ditancapkan di tanah samapi Sunan Bonang kembali.

Pendiri Ponpes Al-Hikmah Binangun, KH. M. Husnan Dimyati juga menyampaikan kepada para santri “Saya bangga dan teringat zaman dulu ketika melihat para santri dalam upacara ini memakai sandal jepit, karena ketika dulu saat zaman penjajahan para santri yang hanya menggunakan pakaian yang sederhana dengan sandal jepit, dengan pekikan takbir (Allahuakbar, Allahuakbar..!) mampu mengusir penjajah yang bersenjata”.

“Santri itu harus mempunyai keberanian karena kebenaran, cukup hidup sederhana akan tetapi mampu melawan hal hal yang mencoba merusak bangsa dan agama”. Nasehat yang disampaikan oleh KH. M. Husnan Dimyati dalam upacara tersebut.

Selain itu KH. M. Husnan Dimyati juga berkeinginan menjadikan Santri Sehat Jiwa Raga seperti tema Hari Santri Nasional 2021 yang diusung oleh Kemenag. Melalui program yang ingin diterapkan untuk santri putri yang dilarang tidur setelah sholat subuh karena hal itu juga mampu mencegah santri agar tidak mudah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *